CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Menu

Minggu, 14 Juli 2013

Persiapan Kuliah

Bangga rasanya saat kita menanggalkan seragam abu-abu kita dan mulai menapaki gerbang kuliah. Beda saat kita masuk ke SMU dahulu, dimana semua persiapan sekolah lebih banyak dipersiapkan oleh orangtua kita, saat kita menjadi mahasiswa semua persiapan kebutuhan kuliah pastinya kita sendiri yang mempersiapkan. Bukan hanya persiapan mental, tapi juga persiapan lainnya seperti peralatan tulis, perlengkapan ditempat kos, pakaian kuliah, dan sebagainya. Berikut beberapa hal penting yang harus kamu persiapkan sebelum kamu memasuki bangku kuliah.
Mengenal teman satu kosan
Bagi kamu yang kebetulan kuliah jauh dari rumah, sehingga mengharuskan kamu untuk ngekos atau tinggal diasrama kampus, hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan yaitu mengenal dan mengakrabkan diri dengan teman yang sekosan atau seasrama dengan mu, apalagi jika kamu berniat berbagi kamar dengannya, tentunya banyak hal yang harus kalian sepakati terlebih dahulu. Dengan mengenal teman sekosan atau seasrama, maka akan membuatmu lebih nyaman tinggal dikosan. Dan bukan tak mungkin akan mempermudahkanmu menjalani hidup jauh dari rumah. Ingat, beberapa tahun mendatang merekalah yang akan berada paling dekat dengan denganmu, dan dengan merekalah kamu akan lebih banyak menghabiskan waktumu sehari-hari.

Menyetok barang-barang kecil namun penting
Solasi, paku payung, gantungan baju, ember, dan gayung, adalah hal-hal kecil namun penting bagi mereka yang tinggal dikosan atau diasrama. Buatlah catatan setiap barang-barang kecil yang kamu rasa akan dibutuhkan ditempat kos atau diasrama kelak. Persiapkan semuanya sebelum kamu pindah dari rumah ketempat kos sehingga kamu tak perlu repot dan menghabiskan waktu untuk mencari barang-barang tersebut dihari-hari pertama kamu di tempat kos. Dengan demikian kamu bisa fokus untuk lebih mengenal teman-teman kos mu dibanding sibuk mencari barang-barang tersebut.


Mengingat dan mencatat semua nomor penting
mengingat dan mencatat nomor-nomor penting seperti nomor telpon, nomor rekening, nomor asuransi, dan sebagainya penting kamu lakukan sebelum kamu tinggal jauh dari rumah. Kamu nggak mau kan bolak-balik telpon rumah hanya untuk menanyakan nomor rekening bank kamu, selain jadi bikin boros biaya telpon juga akan merepotkan kamu jika dibutuhkan disaat urgent. Agarlebih aman sediakan notebook kecil khusus catatan nomor-nomor penting kamu, catat di Hape juga bisa sih, tapi ada baiknya kamu juga mencatat back up nya di tempat lain, agar jika terjadi apa-apa dengan hape mu, kamu masih punya catatat cadangan.

Puas-puasin menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman
Saat semua persiapan fisik sudah selesai, satu hal yang bisa kamu lakukan sebelum masuk kuliah yaitu mengahabiskan waktu bersama keluarga, teman sma dan teman rumah mu sepuas-puasnya. Segala kesibukan kamu saat kuliah nantinya akan membuat kamu jarang sekali punya waktu dengan mereka. Apalagi jika kamu memilih kuliah diluar kota, bukan tak mungkin kamu tidak akan bertemu mereka selama beberapa bulan lamanya, dan kamu akan kaget betapa kamu merindukan mereka saat kamu jauh nanti.

Asuransi kesehatan
Bagi kamu yang memutuskan kuliah diluar kota, memiliki asuransi kesehatan nampaknya jadi hal penting yang layak kamu pertimbangkan. Dengan asuransi kesehatan kamu akan merasa lebih tenang dan mendapat penanganan segera jika terjadi kecelakaan atau hal-hal yang tidak diinginkan yang mengaharuskan kamu dirawat dirumah sakit. Konsultasikan hal terebut dengan orangtuamu, biasanya dari kantor orangtua sudah menyediakan asuransi bagi anak-anak karyawan sampai umur tertentu, pastikan kamu masih dapat asuransi tersebut. Jangan lupa untuk mencari informasi tentang klaim nya sejelas-jelasnya. Jika ternyata asuransi orangtua tidak mencakup asuransi untuk kamu, kamu bisa mulai mempertimbangan membuat asuransi kesehatan sendiri dengan terlebih dahulu membicarakannya dengan orangtuamu tentunya.

Rencanakan olahraga rutinmu
Meski jauh dari rumah bukan berarti kamu tidak butuh olahraga dong. Justru seabrek kegiatan kuliah yang akan kamu jalankan menuntut kamu untuk tetap sehat dan aktif. Mulailah survei olahraga apa yang bisa kamu lakukan ditengah-tengah kesibukan kuliahmu. Nggak harus ikutan fitnes ditempat fitnes jika memang tidak memungkinkan, tapi paling tidak kamu menyempatkan diri melakukan olahraga ringan seperti jogging, atau ikut main futsal atau basket bareng teman-temanmu. Selain akan membuat kamu tetap fit dan mencegah stres, yang pastinya juga bisa menambah teman-teman baru.

Belajar mencuci
Jika sebelumnya mencuci piring dan mencuci baju sama sekali tidak ada dalam agenda kamu, maka saat kamu memutuskan kuliah jauh dari rumah mencuci piring dan mencuci baju adalah hal wajib yang harus kamu bisa. Beruntung jika kamu dapat kosan yang sudah sekaligus menyediakan layanan cuci baju plus pembantu, tapi tidak semua kosan atau asrama mempunyai pembantu untuk mengerjakan hal tersebut, kalaupun ada harga sewa kos nya pasti mahal sekali. Pilihan lainnya kamu bisa mencuci dilandry kiloan yang kini banyak terdapat dilingkungan kos-kosan atau kampus, tapi tetap saja untuk urusan pakaian dalam kamu harus mencuci sendiri, karena sebagian besar laundry kiloan tidak menerima cuci pakaian dalam. Jadi, mau tidak mau kamu harus bisa mencuci, paling tidak mencuci piring bekas kamu pakai, dan pakaian dalam sendiri. So, sebelum kamu masuk kuliah sempet-sempetin deh kursus singkat cuci piring dan cuci baju sama ibu, atau bibi dirumah biar nantinya kamu nggak dipusingin sama cucian kotor kamu.

Selesaikan urusan asmaramu
Asmara, hmmm urusan yang satu ini juga bisa dibilang penting lho untuk dipersiapkan sebelum kamu masuk kuliah. Terutama buat kamu yang memilih kuliah diluar kota dan harus meninggalkan pacar kamu untuk waktu yang lama. Bicarakan hal ini baik-baik dengan pacarmu. Pastikan bahwa hubungan jarak jauh tidak akan menjadi masalah buat kalian. Namun, jika salah satunya merasa hubungan jarak jauh akan menjadi masalah, pikirkan lah untuk berpisah dengan pacar mu sejenak dan fokus pada kuliahmu. Jika memang jodoh suatu saat pasti kalian bisa sama-sama lagi kok.

Ungkapkan cinta terpendammu
Cinta terpendam masa-masa SMU seringkali membuat kamu menderita menjalani hari-hari dikampus. Rasanya masih ada yang mengganjal langkahmu memasuki gerbang baru hidupmu. Biar nggak jadi ganjelan, beranikan dirimu mengungkapkan perasaan pada cinta terpendam masa SMU mu, syukur-syukur kalau ternyata dia memiliki perasaan yang sama, jika tidak paling tidak kamu tidak berharap pada harapan palsu lagi kan.

Tour de kampus
Meski belum resmi jadi mahasiswa kampus yang akan kamu masuki, nggak ada salahnya kamu lakukan survey tentang lingkungan kampus dengan melakukan tour de kampus dengan demikian kamu akan lebih familiar dengan kampusmu. Kunjungi tempat-tempat penting seperti perpustakaan, kantin, tempat fotocopy, tempat olahraga dan sebagainya biar nggak bingung dikemudian hari.

0 komentar:

Posting Komentar